Rss

Monday, June 13, 2011

Sunnah-sunnah Rasulullah SAW

Sunnah ke satu : Witir, Shalat Dhuha dan Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
Banyak umat Islam melupakan tiga ibadah sunnah diatas. Padahal Insya Allah, orang yang menjaga ketiga-tiganya termasuk golongan orang-orang saleh. Abu Hurairah berkata : "Kekasihku (Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam) mewasiatkan tiga hal kepadaku, aku tidak pernah meninggalkannya sampai mati; puasa tiga hari pada setiap bulan, shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur." (HR. Al-Bukhari)
Asy-Syaukani berkata : "Ar Ruhyani berkata, puasa tiga hari pada tiap bulan adalah sunnah, dan jika bertepatan dengan Ayyumul Bidh (hari2 bulan purnama yakni tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriah) maka itu lebih disukai."

Sunnah Kedua : Shalat ketika Pulang dari Perjalanan
Ka’b bin Malik meriwayatkan : "Apabila Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam datang dari perjalanan, beliau memulai (singgah) di masjid kemudian mendirikan shalat di dalamnya." (HR. Al-Bukhori).

Sunnah Ketiga : Berkumur ketika Minum Susu
Ubaidillah bin Abdillah bin Utbah meriwayatkan dari Ibnu Abbas : "Bahwasanya Rasulullah SAW minum susu kemudian berkumur (dengannya), lalu beliau berkata, "Sesungguhnya susu tu mengandung lemak…". (HR. Al-Bukhori).

Sunnah Kelima : Berdoa Ketika memakai Baju Baru
"Ya Allah, bagiMu segala puji, Engkau memberiku pakaian. Aku mohon padamu kebaikannya dan kebaikan apa yang dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan yang dibuat untuknya." (HR Abu Daud Nasa’i dan Turmudzi serta dishahihkannya).

Sunnah Keempat : Makan sebelum keluar Shalat ‘Ied
Anas berkata : "Tidaklah Rasul SAW berangkat (Shalat) pada hari Raya Fithrah kecuali beliau makan beberapa kurma." (HR. Al-Bukhori).

Sunnah Keenam : Meletakkan (menutupkan) kedua telapak tangan di mulut ketika menguap

Sunnah Ketujuh : Menangis ketika membaca Al-Qur’an
Imam Ghazali berkata : "Disunahkan menangis ketika membaca Al-Qur’an. Caranya yaitu dengan menghadirkan kesedihan dan ketakutan dalam hati dengan merenungkan ancaman yang keras serta berbagai perjanjian berat, lalu hendaknya ia melihat betapa sangat lengahnya ia dalam masalah tersebut. Jika tetap saja tidak ada kesedihan hatinya, ketahuilah ini adalah salah satu musibah terbesar baginya."

Sunnah Kedelapan : Memakai Alas Kaki dengan mendahulukan yang kanan dan melepasnya dengan mendahulukan yang kiri

Sunnah Kesembilan : Membunuh Tokek

Sunnah Kesepuluh : Mengibasi (Jawa:ngebuti) kasir atau tikar ketika hendak tidur

Sunnah Kesebelas : Melakukan Tahnik (Memamahkan kurma dan sejenisnya yang sudah dilembutkan ke dalam rongga mulut) bayi yang baru lahir.

Sunnah Kedua belas : Shalat Isthikarah

Sunnah Ketiga Belas : Minum Sambil Duduk

Sunnah Keempat Belas : Bernafas tiga kali ketika minum
Anas bin Malik ra. meriwayatkan : "Rasulullah SAW bernafas tiga kali ketika minum. Lalu beliau bersabda : "Sesungguhnya yang demikian itu lebih menyenangkan, lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih menyehatkan." (HR.Muslim)
Adapun caranya, kita minum lalu melepaskan gelas dari mulut untuk menghela nafas sebentar, lalu minum lagi dan demikian dilakukan sebanyak tiga kali. Demikian seperti dijelaskan Ibnu Qayyim berdasarkan hadits shahih riwayat Ibnu Majah.

Sunnah Kelima Belas : Ziarah Kubur untuk mendapatkan Pelajaran
Rasulullah SAW bersabda : "Dulu aku melarang kalian berziarah kubur, (sekarang) ziarahlah, karena sesungguhnya kubur itu mengingatkan kalian kepada Akherat." (HR.Muslim)

Sunnah Keenam Belas : Mengucapkan salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal

Sunnah Ketujuh Belas : Berdiam di masjid untuk shalat dan dzikir
Ya Robb, Beri kami kemampuan untuk mengikuti Rasulullah dengan sempurna, lahir dan bathin, dalam keadaan sehat dan sejahtera. Cintakan kami kepada beliau sehingga saya, orangtua saya, dan saudara-saudara saya diselamatkan dari kengerian hari kiamat. Wahai Allah, Ampunilah kami dan segenap kaum muslimin


From : http://anintadiary.blogspot.com/2008/10/sunnah-sunnah-rasulullah-saw.html

Sebenarnya masih terdapat banyak lagi sunnah-sunnah Rasulullah yang dapat kita ikuti. Dan ini merupakan sebahagian darinya. Moga-moga kita dapat ikuti semua sunnah-sunnah Rasul Allah. InsyaAllah. Amin.

2 comments:

cIk sEtia said...

cool bebeh..m0h tuk lagu nasyid :D

Zarul Azuan Shaari said...

haha..sama-sama laa kita usahakan..

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...